Senin, 30 November 2015

Edit Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Mau cerita sedikit nih…
Pengalaman jadi operator sekolah dasar (SD) saat berkecamuk dengan yang namanya NISN.. 
(hehe new comer)



Ceritanya kan semester depan (II) kelas VI akan UN, jadi operator bersama dengan guru kelas VI mengecek data dapodik anak kelas VI yang akan didaftarkan sebagai calon peserta UN. Data yang dicek antara lain: nama, ttl, nisn, dan data orang tua.

Nah, waktu ngecek bagian NISN, ternyata ada beberapa anak yang 3 digit angka di depan tidak sesuai dengan tahun lahirnya. Misal, anak lahir tahun 2005 seharusnya kan 3 digit awal angka NISN-nya 005, ehhh ini malah 006. Kan tidak coooocok ya..

Usut punya usut, ternyata dulunya salah nginput data (hehe) mangkanya NISN-nya tidak sesuai gitu. Langsung deh lari ke vervalpd untuk memperbaiki NISN. Dari beberapa anak yang NISN-nya tidak sesuai, saya memakai dua cara untuk memperbaikinya: pertama memakai menu “edit data”, kedua memakai menu “referensi, unmatch-kan”

Untuk penjelasan cara pertama sebagai berikut:
  1. Kalau belum login di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ login dulu ya
  2. Klik edit data
  3. Pilih pengajuan NISN
  4. Klik “pilih siswa”
  5. Pilih data siswa yang nisn-nya akan diedit, klik ok

  6. Isi kolom yang tersedia, seperti tampilan berikut ini:




  1. Check NISN yang akan diajukan, apakah sudah dimiliki oleh anak lain atau belum. Jika belum, maka dapat dilanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika sudah ada, maka akan muncul peringatan, klik cancel saja. seperti gambar di bawah ini.


8.      Jika NISN yang akan diajukan belum ada yang menggunakan, klik “ok”.
9.      Klik “select” untuk Upload dokumen pendukung perubahan NISN (dalam hal ini saya menggunakan data pendukung kartu NISN siswa dalam bentuk .jpg)
10.   Klik pengajuan perubahan.
11.   Cek pada menu edit data, pilih status. Lihat status perubahannya apakah berhasil atau ditolak. (waktu saya, tidak sampai 24 jam sudah ada pemberitahuan).

 
 



12.   Jika sudah berhasil, masuk ke menu “referensi” lihat apakah NISN sudah berubah?

Nah, sampai tahap ini saya sudah berhasil mengubah NISN-nya. Kemudian, Saya buka aplikasi dapodik dan sinkronisasi. Tapi, setelah saya sinkronisasi ternyata NISN siswa yang diubah belum berubah, kurang puas saya sinkronkan lagi. Hmm.. belum berubah jugaaa.. Balik lagi deh saya ke vervalpd.. otak-atik-otak-atik dan setelah saya coba klik unmatch (data anak yang tadi NISN-nya saya ubah pada menu referensi), kemudian menunju menu residu dan melakukan search next, nanti akan muncul data siswa yang NISN-nya sudah diubah sebelumnya. klik match. Menuju menu konfirmasi klik ok. Otomatis data kembali ke menu referensi. Setelah itu, saya melakukan sinkronisasi lagi pada menu dapodik, nahhh baru deh data NISN-nya berubah sesuai vervalpd. Fiuhhh, Alhamdulillah berkat bantuan berbagai pihak yang ikut saya repotkan (pegawai upt kecamatan, teman ops, postingan yang ada di mbah google, dst)

Untuk cara kedua saya gunakan saat NISN untuk pengajuan baru sudah digunakan atas nama orang lain. Caranya sebagai berikut:
1.      Setelah login di vervalpd, klik menu “referensi”.
2.      Pilih data anak yang akan diubah NISN-nya.
3.      Klik unmacth (letaknya ada di pojok kiri atas).
4.      Setelah data masuk ke residu, klik select next sampai pencarian 5.
5.      Klik not match untuk membuat NISN baru.
6.      Klik menu konfirmasi data dan centang siswa yang tadi di ubah NISN-nya.
7.      Klik ok. Otomatis data siswa sudah masuk ke menu referensi dengan NISN baru yang sudah benar (sesuai dengan tahun lahir).
Setelah NISN baru sudah didapat, saya segera melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik, sehingga data antara dapodik dan vervalpd sama. Dan… berhasil. Yeay!
Cara ini memang lebih simple dan lebih cepat, tapi kelemahannya saat dicek nisnnya di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data siswa jadi memiliki NISN ganda.





Pada gambar terlihat siswa tersebut memiliki 2 NISN, yang atas adalah NISN baru dan yang bawah adalah NISN lama. Data didapodik sudah memakai NISN baru. Bagaimana menurut rekan-rekan? Apakah tidak bermasalah? Bagaimana nasib NISN lama?


Sekian “sedikit”  cerita pengalaman saya. Masih harus banyak belajar. Jika berkenan memberikan kritik yang membangun saya sangat berterima kasih. JJJ

0 komentar:

Posting Komentar

 

Notes Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template