LEMBAR
KERJA SISWA
Sekolah : SD Negeri 1 Suka Makmur
Mata Pelajaran : IPA
Kompetensi Dasar : 7. 1 Menyajikan informasi tentang
perpindahan dan
perubahan
energi listrik
Hasil Kerja :
Membuktikan benda yang bersifat konduktor dan isolator
listrik.
Kelas/ Semester : 6/ II
Hari/ Tanggal : Kamis, 3 Oktober 2013
Waktu : 20 menit
I.
Indikator
7. 1.
4 Membedakan benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
7. 1.
5 Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
II.
Tujuan
A. Siswa
dapat membedakan benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
B. Siswa
dapat menggolongkan dan membedakan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator
listrik.
III.
Petunjuk
A. Siapkan
alat-alat percobaan.
B. Lakukan
percobaan kelompok sesuai petunjuk kerja.
C. Catatlah
hasil percobaan.
IV.
Langkah
Kerja
1.
Sediakan sebuah baterai,
bola lampu, kabel, kayu, garpu, aluminium, kain, kaca, plastik, karton, serta
paku.
2.
Lakukan kegiatan berikut
ini secara berkelompok.
a. Susun
baterai, kabel, dan bola lampu seperti pada gambar berikut ini.
b. Mula-mula hubungkan ujung kawat A dan B. Apakah bola lampu itu
menyala?
c. Lepaskan hubungan A dan B. Kemudian, sambungkan ujung-ujung A
dan B itu dengan benda yang akan diselidiki (kayu, garpu, aluminium, kain,
kaca, plastik, karton, serta paku) . Misal seperti pada gambar berikut:
d. Amatilah nyala lampu yang terjadi dan isikan hasil percobaan tersebut
pada tabel seperti berikut ini.
Tabel Benda-Benda Yang Bersifat Konduktor Dan Isolator Listrik
No.
|
Nama
|
Bola
Lampu
|
Mengalirkan
Listrik
|
Sifat
Benda
|
|
Menyala
|
Tidak
|
||||
1.
|
Kayu
|
||||
2.
|
Garpu
|
||||
3.
|
Aluminium
|
||||
4.
|
Kain
|
||||
5.
|
Kaca
|
||||
6.
|
Plastik
|
||||
7.
|
Karton
|
||||
8.
|
Paku
|
V.
Kesimpulan
1. Benda yang
bersifat dapat
mengalirkan arus listrik sehingga lampu dapat menyala, sedangkan benda yang
bersifat tidak dapat menghantarkan arus
listrik sehingga lampu tidak menyala ketika rangkaian listrik dihubungkan
dengan benda tersebut.
2. Benda yang bersifat
konduktor meliputi , ,
serta . Sedangkan benda yang bersifat isolator
meliputi
,
, ,
serta
. .
VI.
Ketrampilan
Proses yang Dikembangkan
A. Eksperimen
B. Klasifikasi
C. Inferensi
D. Komunikasi
E. Menganalisa
kok gambarnya tidak tampil.terima kasih nya
BalasHapusAswrwb.., adek., mohon ijin saya kopi untuk reperensi. Trimakasih dan jazakillah.
BalasHapusKok gambar tidak tampil
BalasHapus